Warga Royal Citayam Residence Dihantui Ular Kobra, 30 Ular Sudah Ditangkap

BOGOR – Seekor anak ular kobra kembali berhasil ditangkap warga Royal Citayam Residence, Bojonggede, Kabupaten Bogor.

Hingga Minggu (8/12/2019) malam, total keseluruhan yang berhasil ditangkap oleh warga sebanyak 30 anak ular kobra.

“Jadi total sudah 30 sampai malam ini,” kata Koordinator Warga Perumahan Royal Citayam Residence, Hari Cahyo, kepada awak media, Minggu (8/12/2019) malam.

Anak ular kobra itu ditemukan sekitar pukul 19.14 WIB. Ular itu ditemukan di sekitar rumah salah satu warga.

“Dapat lagi satu malam ini jam 19.14 WIB ba’da isya di rumah warga (Royal Citayam Residence),” ujar Cahyo.

Sebelumnya ramai dikalangan masyarakat, hingga (minggu) siang tadi, warga telah berhasil menangkap 29 anak ular kobra. Meski keberadaan induknya masih menjadi misteri keberadaannya, warga tak menjamin bisa menangkapnya.

“Jadi seumpama kita mau mendapatkan indukannya, saya itu nggak tahu persis bisa atau nggaknya. Tapi paling tidak, warga ya antisipasi ya selalu ada. Jadi paling tidak kita antisipasinya dengan kerja bakti ajalah, dengan bersih-bersih. Soal indukannya, saya nggak bisa ngejamin dapat apa nggaknya, karena sekarang kita nggak tahu lokasinya,” tambah Hari Cahyo.

Sementara, ahli herpetologi (reptil dan amfibi) LIPI, Amir Hamidy, menyebut bahwa teror anak ular kobra di Royal Citayam Residence, Bojonggede, Bogor, sebagai hal yang lumrah. Karena, kata Amir, telur kobra biasanya menetas di awal musim hujan seperti saat ini.

“Tapi fenomena kobra yang sekarang itu wajar, bukan yang heboh, karena ini kan memang musim kobra menetas. Nggak cuma kobra, beberapa jenis ular yang lain juga sama. Jadi, di awal musim hujan seperti ini, itu baik kobra atau ular-ular yang lain itu memang awal musim (untuk telur ular) menetas,” kata Amir saat dihubungi awak media, Minggu (8/12/2019). (Dri)

Admin: