PAD Tasik Goyang, Pemerintah Berencana Buka Obyek Wisata Bulan Ini

TASIKMALAYA – Meski Kabupaten Tasikmalaya sudah menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau normal baru, namun Pemerintah daerah belum bisa memastikan kapan objek wisata akan dibuka setelah penutupan lebih dari satu bulan dampak dari penyebaran Covid-19.

Pemerintah, akan berupaya membuka objek wisata sebelum pertengahan atau awal Juni 2020 ini.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Tasikmalaya Safari Agustin mengatakan, hingga saat ini belum ada keputusan resmi objek wisata di Kabupaten Tasikmalaya dibuka.

Meskipun objek wisata lain seperti Pangandaran dan Sumedang akan dibuka pada tanggal 5 Juni mendatang.

“Kita masih berkomunikasi dengan Provinsi kaitan dibukanya objek wisata di kabupaten seperti di Galunggung, Cipatujah, Karangtawulan, wisata religi Pamijahan dan lainnya,” ujar Safari, kepada wartawan. Senin (1/6/2020).

Safari menyadari, dampak masih ditutupnya objek wisata bukan hanya berimbas pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang telah ditetapkan, namun juga berdampak pada UKM, pedagang kecil, hotel, travel, penginapan dan masyarakat sekitar objek wisata yang menggantungkan hidupnya dari berjualan di tempat wisata.

“Memang dibukanya kembali objek wisata ini sangat ditunggu masyarakat,” papar Safari.

Sementara, Koordinator Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Kabupaten Tasikmalaya Asep Zamzam mengungkapkan, dibukanya objek wisata di Kabupaten Tasikmalaya sangat ditunggu oleh semua unsur masyarakat apalagi warga yang kehidupannya sehari-hari menggantungkan penghasilan dari berjualan di objek wisata.

Pemerintah, kata Asep, harus benar-benar bisa meyakinkan pemerintah Provinsi Jawa Barat agar objek wisata di Kabupaten Tasikmalaya bisa dibuka kembali.

“Kami minta pemerintah daerah segera membuat regulasi atau teknis sesuai arahan dan rekomendasi dari provinsi. Soal dibukanya objek wisata di Kabupaten Tasikmalaya ditengah wabah Covid-19 ini sesuai dengan protokol kesehatan,” tukas Asjam. (Hen)

Leave a Comment
Ulasan Terbaru

This website uses cookies.