Mau Liburan Akhir Pekan? Yuk Coba ‘Nge-camp’ di Pantai Karapyak Pangandaran

PANGANDARAN – Akhir pekan tiba. Para warga Jawa Barat yang hendak berlibur, wajib ‘mencicipi’ kawasan wisata pantai di Kabupaten Pangandaran ini.

Dari sekian banyak pantai yang ada di Pangandaran, kawasan Pantai Karapyak di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, adalah lokasi yang cocok jika Anda ingin melakukan liburan dengan konsep outdoor ataupun camping. Karena, pantai ini masih tergolong sepi dan belum banyak orang berkunjung. Sangat cocok untuk Anda yang suka nge-camp.

“Yang paling penting kawasan pantai Karapyak tidak terlalu ramai pengunjung. Sehingga cocok untuk nge-camp,” kata Ganda Agung, warga sekitar pantai Karapyak, belum lama ini.

Di kawasan pantai ini tersedia juga camping ground termasuk fasilitas MCK umum. Untuk acara bakar-bakar pun banyak pilihan, bisa membeli ikan segar dari nelayan bahkan membeli kambing dari warga sekitar.

“Ikan, lobster atau kerang bisa membeli di pasar ikan Karapyak tak jauh dari pantai. Kalau kambing muda biasa saya menjual Rp 1,5 juta,” tambah Ganda.

Hendrik, salah seorang pengunjung asal Tasikmalaya mengaku dirinya cukup puas ‘nge-camp‘ di pantai Karapyak.

“Pantai Karapyak itu dipenuhi karang dan pasang surutnya tidak terlalu berbahaya. Sehingga aman jika kita menggelar tenda di pantai,” urai Hendrik.

Yang tak kalah memikat adalah pemandangan pantai Karapyak yang indah.

“Malam hari gelar api unggun, sambil menyaksikan kerlap-kerlip lampu perahu nelayan. Saat pagi datang, sunrise nya indah sekali,” ujar Hendrik.

Ia ‘nge-camp‘ di pantai Karapyak bersama teman-temannya serta mengajak anak-anak mereka masing-masing. “Ya semacam father days out, kita bapak-bapak mengasuh anak-anak. Mereka (anak-anak) terlihat bergembira walau tidur di tenda. Bermain pasir, berburu umang dan basah-basahan di pinggir pantai,” kata Hendrik.

Kepala Desa Bagolo, Rahman Hidayat mengatakan, di Pantai Karapyak ada beberapa spot yang bisa dijadikan camping ground.

Camping di Karapyak aman, sekalipun di bibir pantai. Kami pun siap menyediakan kebutuhan pengunjung. Mau bakar ikan, ayam atau kambing pun bisa kami sediakan,” kata Rahman.

Rahman hanya berpesan agar pengunjung yang menggelar tenda bisa menjaga kebersihan dan kelestarian alam.

“saya cuma titip kebersihan dan jangan membuat pembakaran di dekat pohon,” dia menambahkan.

Firmasnyah
Admin: