‘Emak-emak’ di Garut Buka Paksa Blokiran Jalan Menuju Pantai Rancabuaya

GARUT – Ibu-ibu di Garut membuka paksa blokiran jalan menuju kawasan wisata Pantai Rancabuaya, Caringin, Garut, Selasa (26/5/2020). Tak hanya itu, para Ibu-ibu itu pun memperbolehkan wisatawan masuk ke kawasan pantai itu.

Seorang warga Caringin, Asep Hidayat (42) mengungkapkan, para Ibu rumah tangga itu adalah sekelompok warga yang menjadi pedagang musiman di kawasan Pantai Rancabuaya.

“Jadi ibu-ibu itu merupakan pedagang musiman. Mereka pedagang musiman yang jualan di hari libur saja,” tutur Asep.

Asep menjelaskan, aksi buka paksa blokir jalan itu terjadi pada Selasa (26/5/2020) sore. Menurut Asep, aksi itu dilatarbelakangi lantaran ’emak-emak’ tersebut kesal pantai sepi saat musim libur lebaran.

“Mereka kesal karena dianggap pantai itu ditutup total sehingga ngaruh ke sepinya dagangan. Padahal penyekatan kan hanya untuk wisatawan luar (daerah),” katanya.

Pantauan dilokasi, Rabu (27/5/2020) pagi, dalam video berdurasi 12 detik yang tersebar melalui aplikasi pesam singkat WhatsApp, terlihat sejumlah emak-emak memaksa membuka barikade jalan yang terblokir.

Terlihat sebuah mobil bak yang mengangkut sejumlah orang dipersilakan untuk masuk. Emak-emak tersebut berteriak dan bersorak. Terdengar perempuan yang diduga perekam video tertawa sambil mengucap kata.

Haha…masuk-masuk,” kata seorang dalam video tersebut.

Dalam video juga terlihat sejumlah petugas yang menjaga kawasan tersebut. Mereka tak bisa berbuat banyak saat emak-emak membuka blokiran jalan itu.

Leave a Comment
Ulasan Terbaru

This website uses cookies.