Dari hobi jadi pundi. Komikus Maria Rengganis mampu meraup cuan dari hobinya membuat komik. Tak hanya pembaca lokal, karyanya pun dinikmati pembaca mancanegara dan diterjemahkan ke dalam 6 bahasa.

Menyelesaikan studi di jurusan akuntansi pada 2019 silam, Maria justru memilih fokus menekuni dunia komik. Kecintaannya akan komik sudah tumbuh sejak ia SD. Perempuan asal Kabupaten Banyumas ini pun merilis karya bertajuk The Witch’s Heart (Hati Sang Penyihir).

Komik bergenre fantasi romantis ini diterbitkan via platform digital dan sudah berjalan hingga 31 episode. Komik tersebut bisa dinikmati pembaca lokal maupun mancanegara sebab diterjemahkan dalam bahasa Inggris, Rusia, Portugis, Filipina, Thailand, dan Arab. Buat Maria, pengerjaan komik fantasi cukup menantang, terutama dari penyusunan cerita dan latar belakangnya sampai detail mengenai lokasi, mantra serta busana tokoh.

“Terus nanti pakaiannya kayak apa, terus komik fantasi kan ada sihir-sihir juga, nah itu sihir dari mana, teori sihirnya dari mana harus dipikirin,” ujar Maria kepada CNN TV. Untuk satu episode komik memerlukan waktu pengerjaan sekitar 2-3 minggu. Dari satu episode saja, Maria bisa mengantongi Rp2 juta. Jumlah ini bisa lebih besar saat makin banyak yang tertarik membaca komiknya.